Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh


Daun salam (Syzygium polyanthum) lebih banyak dikenal sebagai bumbu penyedap masakan. Daun Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan Nusantara. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Indonesian bay-leaf. Tapi, daun salam tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur, tetapi ada khasiat lainnya yang berguna untuk kesehatan. Tetapi, khasiat daun salam untuk kesehatan masih banyak yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu, akan coba saya share apa saja manfaat daun salam untuk kesehatan.

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Maag
Penyakit maag ini kelihatanya memang tidak berbahaya,, tetapi jika sudah tingkat akut, maka akan sangat berbahaya. Daun salam bisa dijadikan sebagai obat maag, caranya tidak terlalu sulit. Cuci bersih 15-20 lembar daun salam segar. Rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula secukupnya. Setelah dingin, minum airnya sebagai teh. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh di lambung hilang.

Mabuk alkohol
Daun salam juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa mabuk disebabkan oleh alkohol. Caranya, Cuci 1 genggam buah salam masak, lalu tumbuk sampai halus. Peras dan saring, air yang terkumpul diminum sekaligus.

Kudis, gatal-gatal
Gatal-gatal adalah penyakit yang menggangu, apalagi jika rasa gatal tersebut muncul ketika kita berada ditempat umum. Untuk mengatasi gatal tersebut ada beberapa solusi, salah satunya dengan daun salam. Untuk pengobatan luar, cukup ambil daun, kulit, batang, atau akar salam seperlunya. Cuci bersih, lalu giling halus sampai menjad adonan seperti bubur. Balurkan ke tempat yang gatal, kemudian dibalut.

Diare
Diare adalah salah satu penyakit menular yang cukup bebahaya, karena jika penyakit ini berkepanjangan bisa menyebabkan kekurangan cairan tubuh, yang tentunya berbahaya bagi tubuh. Daun salam bisa bermanfaat juga untuk diare. Cara mengolahnya adalah Cuci 15 lembar daun salam segar. Rebus dalam dua gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus

Kencing manis
Untuk mengobati kencing manis juga bisa, tapi pengolahannya sedikit berbeda.Cuci 7-15 lembar daun salam segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus sebelum makan. Lakukan sehari 2 kali.

Menurunkan kadar kolesterol tinggi
Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Untuk menurunkan kolesterol, bisa dengan daun salam. Caranya, Cuci 10-15 lembar daun salam segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus di malam hari. Lakukan setiap hari.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi adalah kondisi yang berbahaya. Bila tidak dikelola dengan baik, tekanan darah tinggi pada akhirnya dapat menyebabkan jantung bekerja terlalu berat sehingga mengalami kerusakan serius. Untuk mencegah tersebut, daun salam bisa menjadi solusi. Caranya, Cuci 7-10 lembar daun salam, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 2 kali, masing-masing setengah gelas.

Selain manfaat diatas, masih ada lagi manfaat yang lainnya, seperti :


  • Mengatasi penyakit stroke.
  • Membantu mengatasi penyakit asam urat tinggi.
  • Membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh kita.
  • Dan Mengatasi radang lambung.


Selain manfaat daun salam di atas, masih ada manfaat lain yang baik untuk tubuh kita seperti anda yang sedang memiliki masalah kelebihan berat badan. Daun salam juga bisa membantu anda untuk menurunkan berat badan, caranya adalah dengan meminum air hasil rebusan beberapa lembar daun salam setiap hari secara rutin. Ini bisa membantu program penurunan berat badan anda secara sehat dan alami tanpa efek samping apapun. Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun salam yang bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

2 Responses to "Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh"

  1. daun salam ternyata mempunyai khasiat yang banyak yah

    daun salam dapat dibeli online loh
    kunjungi http://kebunbibit.com/613-daun-salam.html

    ReplyDelete